Pemkot Bandarlampung Siapkan 80 Rumah Untuk PNS di Tahun 2023

X
Share

BANDARLAMPUNG – Pemerintah kota (Pemkot) Bandarlampung akan menyediakan rumah subsidi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan kota setempat di tahun 2023 mendatang.

Syarat untuk memperoleh rumah tersebut, yaitu diutamakan PNS golongan ll atau golongan lll yang belum memiliki rumah.

Demikian diungkapkan Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana saat ditemui di lingkungan kantor pemkot setempat, Rabu (23/11). “Iya, Pemkot Bandarlampung akan sediakan rumah subsidi untuk PNS tqhun depan,” kata dia.

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini mengatakan, pemkot menyediakan sekitar 1 sampai dua hektar tanah untuk dibangun perumahan bagi PNS.

 

“Yang lokasinya itu ada di Kemiling kalo nggak salah. Nanti bisa dibangun 70 sampai 80 rumah untuk PNS. Insyallah dibangun pada 2023 mendatang,” ujar Bunda Eva, sapaan akrabnya.

 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah menambahkan, rumah subsidi yang akan disediakan sesuai dengan ketetapan pemerintah pusat, yaitu antara tipe 36/72 yang harganya sekitar Rp150 juta per unitnya.

 

Dalam hal ini, jelasnya, pemkot hanya menyiapkan tanah, namun untuk rumah nya sendiri yang membangun itu pengembang atau pihak ketiga.

 

“Sehingga Pemkot akan kerjasama dengan pengembang, yang rumahnya ditujukan untuk PNS di Bandarlampung,” paparnya.

 

Menurutnya, penyediaan rumah bagi PNS itu tidak masuk dalam perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maka ini tidak masuk di Bappeda.

 

“Sehingga Dinas PU yang ditugaskan untuk koordinasi dengan pengembang,” tambahnya.

 

PNS yang membeli rumah itu kata Khaidarmansyah, diutamakan golongan ll atau golongan lll yang belum punya rumah.

 

“Maka mereka yang berhak mencicil rumah itu. Jadi tidak semua PNS bisa mengambilnya,” pungkasnya. (*)