Badan Pusat Statistik Berikan Penghargaan Kepada Gubernur Lampung

X
Share

SABURAI.TV.BANDARLAMPUNG-Gubernur Arinal Djunaidi meraih penghargaan atas Dukungan Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral di Pemerintahan Provinsi Lampung.Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono melalui Deputi Bidang Statistik Sosial Ateng Hartono, saat bersilaturahmi di Mahan Agung, Senin (17/04/2023).

Deputi Bidang Statistik Sosial Ateng Hartono menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan atas dukungan Gubernur Lampung terhadap BPS khususnya di Provinsi Lampung.

Hal ini terkait penguatan data sektoral dan kerjasama yang dilakukan oleh Dinas, maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait penguatan data yang akan dipadukan dengan data sensus survei BPS.

Sebelumnya pada tahun 2022, BPS telah memulai pelaksanaan Evaluasi Pembangunan Statistik Sektoral (EPSS) di seluruh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk Lampung.

Output yang dihasilkan EPSS ke depan adalah indikator pengukuran pembangunan statistik sektoral yang disebut Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang ke depan akan didorong menjadi indikator penilaian RB Nasional.

Dalam IPS tersebut diukur lima domain pembangunan statistik. Kelimanya adalah terkait dengan prinsip SDI (standar data, metadata, interoperabilitas, dan kode referensi dan/atau data induk); kualitas data (relevansi, akurasi, aktualitas dan ketepatan waktu, aksesibiltas, dan keterbandingan dan konsistensi); proses bisnis statistik (perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan, dan penyebarluasan data); kelembagaan (profesionalitas, SDM yang memadai dan kapabel, dan pengorganisasian statistik); dan statistik nasional (pemanfaatan data, pengelolaan standar statistik, dan penguatan SSN berkelanjutan).

Evaluasi Pembangunan Statistik Sektoral pada dasarnya mengukur maturity level pembangunan statistik dalam upaya mewujudkan SDI dan SSN yang lebih handal.  Melalui IPS nanti akan dipotret seberapa besar capaian pembangunan dalam bidang perstatistikan nasional dan memonitor capaian tingkat kemajuan dan profesionalitas instansi pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Dalam pertemuan tersebut, Endang Retno Sri Subiyandani juga menyampaikan bahwa telah terjadi penyegaran di BPS Provinsi Lampung. Endang Retno yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPS Provinsi Lampung kini menjabat Kepala BPS Provinsi Bali.

Kepala BPS Lampung kini dipimpin oleh Atas Parlindungan Lubis, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPS Maluku Utara.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Arinal Djunaidi mengucapkan terimakasih kepada Endang atas segala dedikasi terkait survey statistik di Provinsi Lampung.

“Semoga di tempat yang baru, Bu Endang dapat bekerja dengan semangat yang baru. Juga saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Atas Parlindungan Lubis di Provinsi Lampung, semoga kinerja baik Bu Endang dapat dilanjutkan, dan ditingkatkan,” ujar Gubernur Arinal(*)